Oleh: hennybanget | 21 Januari 2010

UJIAN NASIONAL ITU PENTING…!!!

MESKI selama ini Ujian Nasional (UN) telah melahirkan kontroversi yang berkepanjangan di tengah masyarakat, tetap saja pemerintah akan jalan terus dengan kebijakannya melaksanakan UN bagi semua jenjang, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama sampai dengan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. Bahkan untuk tahun 2010, jadwal UN sudah ditetapkan sebagai berikut :

UN Utama dimulai pada :

tanggal 22 – 26 Maret untuk SMA/SMK,

tanggal 29 Maret – 1 April untuk untuk SMP

tanggal 4 – 6 Mei untuk SD.

Sedangkan bagi siswa yang tidak lulus, untuk tahun 2010 akan diberlakukan UN Ulang yang jadwalnya adalah sebagai berikut :

UN Ulang untuk SMA/SMK tanggal 10 – 14 Mei

untuk SMP tanggal 17 – 20 Mei.
Bagi pemerintah, UN sangat dibutuhkan dalam membuat standarisasi pendidikan nasional. Sejak UN diterapkan tahun 2003, standar kualitas dinaikkan 0,5 persen per tahun. Dampaknya membuat para siswa untuk lebih semangat belajar karena takut tidak lulus. UN dianggap sebagai upaya menyelamatkan bangsa dari kebodohan. Dengan menggelar ujian nasional mulai dari SD bisa mendorong terjadinya perubahan perilaku siswa, guru, dan masyarakat. Semua jadi bersemangat untuk belajar karena harus mempersiapkan diri agar bisa lulus. Tidak kalah pentingnya adalah UN diharapkan dapat membangun kesadaran dan keterlibatan semua pihak dalam proses pendidikan yang lebih berkualitas.

UN dimaksudkan untuk melihat distribusi pendidikan secara merata di seluruh wilayah. Terlebih, dengan luas wilayah Indonesia yang luas, ketidakseragaman pendidikan pasti ditemukan di mana-mana. Melalui UN yang diterapkan, pihak stakeholder baik itu perguruan tinggi, perusahaan swasta atau instansi pemerintah akan bisa mengetahui kualitas pendidikan di suatu tempat. Ketika seorang peserta didik akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau ketika akan melamar kerja. “Misalnya saja, ketika siswa A dari sekolah X mendapat nilai 5, satu siswa lagi si B dari sekolah Y mendapat nilai 7, kalau tidak ada UN, bisa saja ketika mereka diuji di perusahaan Z, yang lulus adalah siswa A. Kenapa, karena tanpa UN penilaian dari seorang guru itu sangat relatif. Apalagi mengingat dalam proses belajar mengajar ada juga guru-guru yang masih memberikan nilai secara subyektif alias ‘obral nilai’. Melihat hal inilah, UN masih penting untuk tetap diadakan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: